Wajib Tau! Inilah Kerugian Akibat Root Smartphone Android

Inilah Kerugian Akibat Root Smartphone Android - ruanggadged.com, Buat sobat semua yang suka mengoprek smartphone android pasti tidak asing lagi tentang istilah ROOT. apa itu ROOT ? Root atau rooting adalah sebuah proses yang memungkinkan anda mendapat akses dan kontrol penuh terhadap smartphone android anda.

Baca Juga: Cara Mudah Melakukan Un-Root Smartphone Android Tanpa PC

Tetapi dengan bebasnya kamu melakukan costumisasi ponsel Android, tentunya melakukan Root ada kerugian jika kamu melakukan Root di smartphone Android kamu. Dan ini perlu kamu ketahui sebelum melakukan rooting.

Sebenarnya, root smartphone android itu hampir sama dengan istilah JAILBREAK di Iphone atau HACK di Symbian. tentu dengan mengeroot sebuah smartphone pasti ada alasan tersendiri mengapa orang-orang me-root ponsel mereka.

Dengan meroot smartphone anda bisa bebas menginstal Aplikasi gratis secara bebas di market maupun non market, yang sebelum ponsel diroot aplikasi tersebut tidak bisa di instal. maka dari itu, inilah yang menjadi dasar alasan mengapa orang-orang meroot smartphone mereka.

Inilah Kerugian Akibat Root Smartphone Android

Keuntungan meroot Android seperti Bebas dalam memodifikasi theme, Bebas memasang atau menginstal Aplikasi, Bisa juga menghapus Aplikasi bawaan, Melakukan Customisasi Android anda dan masih banyak lagi keuntungan yang di dapat jika anda meroot Smartphone.

Terlepas dari keuntungan me-root sebuah Smartphone pasti tak lepas dengan Kerugian akibat Me-root Smartphone. Karena dengan meroot smartphone sebenarnya tidak di anjurkan dari pihak produsen Smartphone karena bisa menghilangkan Garansi Smartphone anda.

Kerugian Akibat Melakukan Root Smartphone Android


Adapun Kerugian Akibat Root Smartphone Android adalah Sebagai Berikut.

1. Garansi Bisa Hilang

Kerugian melakukan Root di smartphone Android yang pertama adalah Garansi Bisa Hilang. Pada poin ini memang benar dengan anda meroot smartphone anda berarti anda tidak lagi memiliki garansi resmi dari produsen smartphone. Jika anda membawa smartphone anda yang sudah teroot ke service center, sudah di pastikan yidak akan mendapatkan garansi walaupun dalam masa garansi atau belum habis waktu garansi.

Hal itu di sebabkan karena pada saat proses root, maka otomatis akan merusak atau melepas segel yang terpasang pada smartphone Android anda. inilah dasar mengapa ponsel android bila sudah teroot pihak service center tidak lagi memberikan Hak garansi anda.

2. Resiko Bila Gagal Root

Selanjutnya ada resiko jika gagal melakukan Root pada Smartphone Android dan ini juga menjadi kerugian jika kamu melakukan Root pada ponsel Android. Dengan anda meroot smartphone anda maka semua itu tidak lepas dengan adanya resiko bila dalam proses rooting mengalami kegagalan. maka dari itu bila anda gagal meroot ponsel anda, anda akan mengulang proses dari awal dan ini bisa memakan banyak waktu yang lama.

Baca Juga: Penyebab HP Bootloop dan Cara Mengatasinya

Disamping itu, ada kemungkinan resiko yang berakibat fatal bila anda gagal dalam meroot smatphone anda seperti smartphone anda akan mengalami Bootloop atau mati total. ini lah mengapa para penyedia jasa service smartphone bila disuruh meroot sebuah ponsel mereka tidak berani menjamin, karena mereka takut bila sampai gagal mereka akan di minta ganti rugi.

3. Rentan Terkena Virus

Disamping bisa menghilangkan Garansi dan Resiko Gagal maka Kerugian Akibat Gagal Root selanjutnya adalah Rentan terhadap serangan virus. Kebanyakan pengguna smartphone yang sudah di root mengeluh karena ponselnya rentan terkena virus. maka ponsel bisa menjadi lambat dalam pengoperasian.

Tak Hayal ini terjadi karena firewall terbuka akibat proses rooting, untuk hal ini bisa anda atasi dengan sebuah antivirus yang terpercaya dan anda bisa mendapatkan dengan mendownload antivirus di penyedia perangkat anda. seperti Google Play Store.

4. Smartphone Menjadi Lemah

Dalam sebuah rooting akan di temukan beberapa masalah terhadap smartphone, yakni performa smartphone anda akan mulai berkurang berbeda dengan smartphone yang belum diroot, karena ponsel akan bekerja secara lebih keras dan melakukan sesuatu hal di luar batas kemampuan ponsel itu sendiri.

Hal ini akan mengakibatkan umur Smartphone Android anda menjadi pendek dan mengakibatkan smartphone anda cepat panas saat digunakan.

Baca Juga: Manfaat dan Bahaya Root Smartphone Android

Dengan adanya resiko dan kerugian akibat melakukan Root Smartphone Android di atas maka sebaiknya anda berfikir lagi saat anda ingin meroot Smartphone anda. karena jika anda gagal dalam proses rooting maka anda akan mengalami resiko sangat parah, jika berhasil maka anda akan bebas melakukan penginstalan aplikasi yang sebelumnya tidak bisa di instal.

Jadi buat Sahabat Ruang Gadged, harap memperhatikan kerugianya sebelum melakukan proses rooting, atau anda bisa mencobanya dengan smartphone kanibal atau smartphone yang tidak anda gunakan sehari-hari. hal ini bisa anda coba dan membandingkan performa atau hal lain di smartphone yang diroot dan Smartphone yang belum diroot.

Mungkin Sampai disini dulu artikel tentang Inilah Kerugian Akibat Root Smartphone Android yang bisa admin berikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Postingan populer dari blog ini

Magnetic Disk, Pengertian, Bagian dan Karakternya, Lengkap!

Cara Terbaru Membajak Facebook Orang Lain

Download Real Drum + Kendhang Mod Apk Terbaru