Pengertian Dan Cara Penggunaan NFC

ruanggadged.com - Pengertian Dan Cara Penggunaan NFC - Pada kesempatan kali ini Ruang Gadged akan memberikan informasi mengenai Pengertian dan Cara Menggunakan fitur NFC. bagi anda yang sering mentranfer file dengan perangkat elektronik, anda harus tau tentang cara menggunakan NFC.

Mungkin dikalangan anda masih asing dengan NFC, padahal fitur NFC ini adalah salah satu fitur teknologi yang sudah lama hadir di perangkat pintar smartphone anda. tak banyak juga smartphone di pasaran yang menggunakan fitur ini. akan tetapi pada ponsel pintar yang sekarang ini sudah di sematkan fitur NFC.

NFC ini juga merupakan salah satu fitur buat mentranfer data meliputi tranfer foto, video, musik, maupun aplikasi android. tentu dengan menggunakan aplikasi NFC ini, akan membantu anda buat mentranfer atau sharing beberapa file.
Pengertian Dan Cara Penggunaan NFC

Disini Ruang Gadged akan menjelaskan tata cara Menggunakan NFC agar bisa digunakan secara maksimal. berikut penjelasanya.

Pengertian NFC sendiri adalah NFC atau kepanjangan dari Near Field Communication, ini merupakan salah satu fitur tranfer media yang menggunakan teknologi moderen yang berbasis RFID (Radio Frequency Identifications) yang cara kerjanya berjalan dengan menggunakan konektivitas tanpa kabel atau wirelles, sehingga membuat komunikasi lebih mudah dan cepat.

Mengingat dengan hal itu, sistem kerjanya dilakukan melalui perpindahan data antar perangkat elektronik dalam jarak dekat dengan memanfaatkan perantara induksi medan magnet yang terdapat dalam peraangkat elektronik tersebut.

NFC sendiri merupakan teknologi pengembangan dari Bluetooth dan juga RFID, namun di fitur NFC ini lebih kaya  akan kelebihan di bandingkan dengan bluetooth atau RFID. Intinya sistem kerjanya NFC memiliki fungsi yang sama dengan Bluetooth, hanya saja NFC lebih kaya fitur dibandingkan dengan Bluetooth.

Pengertian NFC sendiri bisa juga diartikan sebagai  sebuah teknologi yang akan membuat smartphone terkoneksi dengan smartphone lainya dengan menggunakan jaringan radio. tetapi pada umumnya, aplikasi NFC ini sering digunakan sebagai media bertukar data atau file sharing, seperti foto, video, musik dan Aplikasi.

Beberapa smartphone kini sudah ada yang di bekali fitur NFC ini, seperti contoh pada smartphone Sony yang memberi petunjuk lewat Casing belakang dengan di tandai huruf N. apabila Smartphone Sony anda di bagian belakang terdapat simbol huruf N maka sudah dipastikan smartphone Sony anda sudah ada fitur NFC nya.

Contoh lain dengan Samsung Galaxy Note 4, Fitur NFC ini bisa diketahui dan dilihat di baterainya, dibaterainya tersebut ada tulisan Near Field Communication. dan apabila smartphone anda tidak ada salah satu tanda diatas, anda bisa mengeceknya melalui smartphone anda langsung. dengan cara masuk menu Setting > Wireless & Networks > kemudian klik pilihan More. nanti akan terlihat ada tidaknya fitur NFC di smartphone anda.

Selain sebagai media tranfer file ke sesama perangkat elektronik, fitur NFC ini juga dapat di buat sebagai dompet digital. mengapa sebagai dompet digital? karena Fitur NFC ini bisa digunakan sebagai salah satu solusi pembayaran instan, pembelian tiket, pembelian barang. setelah anda mengerti dari pengertian dan fungsi fitur NFC ini sekarang simak Cara Penggunaan NFC nya.

Cara Menggunakan Fitur NFC

Setelah kita memahami dan mengerti tentang pengertian NFC, sekarang kita akan simak Cara Penggunaanya.

Aktifkan Fitur NFC

Untuk menggunakan fitur NFC pastikan NFC sudah aktif pada smartphone anda dan smartphone si penerima, caranya adalah dengan masuk di Setting > Wireless & Networks > kemudian klik pilihan More, yang nantinya akan muncul pada ponsel yang anda miliki dan centang.

Pilih Data Yang Akan di Kirim

Setelah sudah dipastikan kedua perangkat mengaktifkan NFC selanjutnya anda pilih file yang mau anda kirimkan, File bisa berupa gambar, video, musik, aplikasi, website, maps, dan lainya. setelah anda memilih beberapa file yang mau di kirim, kemudia tekan tombol send atau next.

Dekatkan Smartphone Anda Dengan Penerima

Setelah memilih data yang mau dikirim selesai, sekarang yang harus anda lakukan adalah mendekatkan 2 Smartphone anda dan sipenerima, perlu di ingat, jarak antara Smartphone jangan lebih dari 10 cm. setelah semua terkonek tunggu sampai ada tombol bertuliskan Touch Beam. apabila sudah muncul maka sentuh file yang akan dikirim untuk melakukan pengiriman data atau file via NFC.

Setelah semua sudah anda lakukan dalam mentranfer file, sekarang anda harus sabar menunggu sampai semua file tersebut berhasil terkirim semua. pada saat proses tranfer file yang selesai, di smartphone penerima akan ada notofikasi.

Dengan melihat kembali Pengertian Dan Cara Penggunaan NFC diatas, mungkin dari anda ingin mencoba fitur NFC untuk berbagi file, di banding tranfer melalui Bluetooth, fitur NFC ini dinilai akan lebih cepat dan efectif serta aman dalam proses pengiriman file, asalkan anda melakukanya dengan benar.

Sampai disini dulu sobat Ruang Gadged tentang Pengertian Dan Cara Penggunaan NFC. semoga artikel ini bisaa bermanfaat buat sobat semua.

Postingan populer dari blog ini

Magnetic Disk, Pengertian, Bagian dan Karakternya, Lengkap!

Cara Terbaru Membajak Facebook Orang Lain

Download Real Drum + Kendhang Mod Apk Terbaru