Tips Membeli Smartphone Bekas Biar Tidak Menyesal

ruanggadged.com - Tips Membeli Smartphone Bekas Biar Tidak Menyesal - Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan mengenai Tips Membeli Smartphone Bekas, yang nantinya bisa anda gunakan sebagai referensi untuk membeli smartphone bekas atau second.

Seperti yang kita ketahui, bahwa dijaman sekarang ini banyak beredar smartphone-smartphone terbaru dengan bermacam-macam tipe dan model, maka mengakibatkan banyak smartphone-smartphone yang terdahulu tersingkirkan, padahal smartphone tersebut belum lama umur perilisanya.

Dengan begitu akibat para produsen Smartphone mengeluarkan produk terbarunya maka berimbas banyaknya Smartphone bekas atau second di pasaran, walaupun banyak keadaan yang masih bagus dan layak pakai tapi juga tak hayal juga banyak yang rusak atau tak layak pakai.
Tips Membeli Smartphone Bekas Biar Tidak Menyesal

Mengacu pada penjelasan diatas maka admin akan menyampaikan beberapa Tips dalam Memilih Smartphone Bekas tapi masih berkualitas dan layak pakai. sebenarnya lebih baik lagi kalau kita belli Smartphone dalam keadaan baru, tapi kalau budget kita pas-pasan mau tidak mau membeli smartphone Bekas lah menjadi jalan keluarnya.

Membeli Smartphone bekas terutama Smartphone Android harus berhati-hati, agar kita tidak menyesal, kecewa di kemudian hari. Berhati-hati disini maksudnya agar anda selalu memperhatikan langkah-langkah untuk melihat apakah smartphone itu layak pakai atau tidak.

Untuk lebih jelasnya perhatikan Langkah-langkah berikut mengenai Tips Membeli Smartphone Bekas.

Lihat Kondisi Fisik

Dengan Cara melihat kondisi fisik pada Smartphone Android bekas, kita akan melihat apakah ada kecacatan dalam casingnya, dan kita juga mengetahui apakah smartphone itu pernah jatuh atau tidak. Tapi Cara ini kadang bisa di manipulasi dengan mengganti casing bawaanya. jadi anda harus bener-bener teliti dalam pengecekan fisik smartphone.

Lihat Garansi

Selanjutnya dengan mengecek Garansi, Untuk Smartphone bekas kebanyakan sudah habis masa garansi, tapi apa salahnya kita tanya ke penjual tentang masa garansi.apakah masih ada garansi atau tidak. jika tidak dalam masa garansi maka di perlukan negosiasi kembali dengan penjualnya. karena kalau smartphone kamu rusak tidak bisa klaim garansi.

Cek Touch Screen

Untuk Cek Touch Screen, ini menjadi sangat penting karena dengan mengecek touch sreen atau layar sntuh  kita bisa melihat seberapa responsivekah layar sentuh tersebut. ceklah di semua bagian layar smartphone itu, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. jika ada bagian yang tidak berfungsi dengan baik, anda harus membatalkan negosiasi dengan penjual, kecuali si penjual berani mengganti Touch Screen nya.

Cek Kualitas Baterai

Kualitas baterai adalah bagian dari prioritas utama dalam Membeli Smartphone Bekas, jangan sampai anda membeli smartphone dalam keaadaan baterai rusak. usahakan anda membuka casing belakang untuk mengecek apakah masih membawa baterai originalnya atau sudah diganti dengan baterai yang lain. Banyak kejadian yang menimpa para konsumen gara-gara kurang telitinya dalam membeli smartphone, kejadian tersebut yang paling banyak di keluhkan adalah baterai yang baru di pakai satu jam tapi sudah low bat, padahal sebelumnya sudah dalam keadaan penuh. maka dari itu anda harus selalu cek baterainya kalau mau membeli smartphone bekas.

Cek Nomer Imei

Cek Nomer Imei ini sangatlah penting, karena jangan sampai nomer imei smartphone anda beda dengan nomer imei yang ada di dalam perangkat. kadang inilah yang di manfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengubah nomer imei mesin dengan nomer imei perangkat. anda bisa mengecek nomer imei perangkat anda dengan menekan tombol *#06#* . maka anda akan mengetahui nomer imei yang asli di perangkat smartphone anda.

Cek Speaker, Mic, Signal

Ini juga tidak kalah penting, ini juga harus anda cek kalau membeli smartphone bekas, karna fungsi speaker juga penting untuk mendengarkan musik, untuk panggilan juga. dan untuk Mic nya ini juga penting dan harus di cek juga, kalau tidak anda tidak akan tau apakah mic itu masih normal atau tidaak, jika sudah tidak normal maka percuma anda melakukan panggilan telepon, karan orang yang anda telpon tidak akan bisa mendengar suara anda. Untuk Signal nya sendiri ini harus anda jadikan prioritas utama karna buat apa kita membeli smartphone tapi gak ada signalnya. makadari itu, anda harus lebih jeli lagi di urusan speake,mic dan signal.

Cek Harga Pasar

Sebelum anda Membeli Smartphone Bekas atau Scond, ada baiknya anda mengecek harga pasar, anda bisa cek di toko online atau anda datang sendiri ke konter-konter dengan sekedar bertanya harga smartphone yang anda inginkan. jadi anda bisa tau harga pasaran smartphone yang anda inginkan, jangan sampai anda membeli smartphone bekas dengan harga yang hampir sama dengan harga baru.

Lakukan Hard Reset

Melakukan Hard Reset atau melakukan pengembalian ke pengaturan pabrik ini juga sangat penting untuk dilakukan, karena dengan melakukan Hard Reset, maka pengaturan nya akan kembali ke pengaturan smartphone baru. melakukan ini juga bertujuan untuk mengganti email yang ada pada smartphone tersebut. setelah di Hard Reset smartphone Android akan meminta verifikasi akun google yang pertama kali di masukkan. dengan cara ini maka anda bisa memasukkan salah satu akun google mail anda untuk pengoperasian peranggkat anda.

Buatlah Perjanjian Dengan Penjual

Disamping mengecek beberapa hal di atas ada baiknya anda membuat suatu perjanjian dengan sipenjual, ini bertujuan agar anda bisa kebantu dengan sipenjual jika terjadi hal-hal yang di luar dugaan. seperti contoh yang singkat saja, misalnya tiba-tiba smartphone yang anda beli terkunci dan meminta verifikasi akun google kembali, maka penjual akan bersedia memberikan anda akun untuk membuka smartphone anda.

Sebagai catatan saat anda ingin Membeli Smartphone Bekas, anda harus selalu waspada dan berhati-hati. jangan sampai anda kecewa di kemudian hari, buat sobat semua yang akan membeli smartphone bekas agar selalu memperhatikan langkah-langkah diatas tadi, dan belilah di konter-konter yang sudah terpercaya,

Sampai disini dulu sobat Ruang Gadged semua, tentang artikel Tips Membeli Smartphone Bekas, semoga artikel ini bisa menjadi rujukan untuk sobat semua saat sobat mau membeli smartphone Bekas. admin menghimbau agar selalu teliti sebelum membeli. semoga manfaat.

Postingan populer dari blog ini

Magnetic Disk, Pengertian, Bagian dan Karakternya, Lengkap!

Cara Terbaru Membajak Facebook Orang Lain

Download Real Drum + Kendhang Mod Apk Terbaru