Cara Mudah Backup Data di Android Tanpa PC

Cara Backup Data di Smartphone Android Tanpa PC - Dalam menyimpan sebuah data, terkadang ada saja masalah yang kerap dialami. Seperti data hilang karena terkena virus, Smartphone rusak atau sampai pada tindak kejahatan yaitu Smartphone Anda di curi atau juga hilang.

Nah, pada kasus seperti ini jika Anda lupa memback up data-data Anda maka hilanglah semua data-data penting itu. Anda tidak ingin terjadi hal seperti itu kan?.

Apalagi jika didalam memori Smartphone Anda terdapat data data penting seperti foto yang menjadi kenangan Anda atau kontak orang – orang yang menurut Anda penting. Sayang sekali kan jika sampai data-data penting milik Anda sampai hilang

Pada tulisan saya kali ini, saya ingin membahas tentang Cara Backup Data Android Tanpa PC. Mungkin informasi ini hanyalah hal yang sepele buat Anda, tapi kalau menurut saya informasi ini sangatlah penting sekali.
Cara Mudah Backup Data di Android Tanpa PC

Sebelum saya membahas Cara Backup Data Android Tanpa PC saya ingin memberikan sedikit pengertian tentang Backup Data beserta fungsinya.

Pengertian Backup Data

Backup Data adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam sebuah memory. Seperti Hard disk, Memory Card, Memory internal pada HP dan lain sebagainya.

Data yang bisa diback up bermacam-macam seperti file dokumen, Gambar, Video, Audio, Syistem windows, driver, atau software/aplikasi tertentu dll.

Fungsi Backup Data

Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak bisa dibuka), perangkat smartphone error/bermasalah, bencana, dan lain sebagainya.

Dengan begitu cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan smartphone.

Biasanya Backup data dilakukan ke perangkat lain. Seperti dari memory telepon ke memory card atau sebaliknya. Namun, yang namanya barang fisik kita tidak tahu bisa bertahan sampai berapa lama. Karena barang fisik seperti memory card yang kecil sangat rawan sekali hilang atau terselip dan jika sudah begitu maka hilanglah data backupan Anda.

Nah, Cara Backup data yang akan saya ulas disini adalah dengan menggunakan Google Drive. Tapi sebelum itu Anda harus memiliki akun google dulu dan membutuhkan koneksi internet.

Cara Backup Data
  •  Pada menu Setting – Personal selanjutnya pilih Backup dan Reset
  •  Centang pada bagian Backup dan Restore
  •  Kembali ke menu setting lalu pilih personal
  •  Pilih Account and Sync, masukan akun google yang Anda gunakan pada perangkat Android Anda
  •  Lanjutkan proses sinkornasi dengan Google BackUp
  •  Kemudian Anda akan melihat daftar data yang akan disinkronkan
  •  Lalu pilih data yang akan di Backup atau bisa juga dengan memilih semua data sekaligus.

Itu dia Cara Backup Data Android Tanpa PC.

Kesimpulan

Backup data semacam ini dapat dilakkukan dengan memanfaatkan aplikasi Backup yang tersedia di Google Play. Seperti My Backup, Mobile BackUp 2, JS BackUp, App BackUp and Reinstal dan My Phone Explorer. Dengan menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia di Google Play proses BackUp data akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan cara yang di atas.

Nah, sudah tahukan Cara BackUp Data Android Tanpa PC. Kalau sudah tahu, yuk ah di backup sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada data penting Anda. Terima ksih dan Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Magnetic Disk, Pengertian, Bagian dan Karakternya, Lengkap!

Cara Terbaru Membajak Facebook Orang Lain

Download Real Drum + Kendhang Mod Apk Terbaru