Cara Membuat Hp Android Sebagai Remote Serbaguna

Cara Membuat Hp Android Sebagai Remote Serbaguna - ruanggadged. Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perangkat baru yang bermunculan, sistem operasi baru dan lainnya. Salah satu yang berkembang pesat saat ini adalah sistem operasi Android yang menjadikannya sebagai device yang multi fungsi, alias bisa dibuat sebagai remote control yang serbaguna untuk beberapa alat-alat elektronik.

Cara Membuat Hp Android Sebagai Remote Serbaguna

Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki smartphone Android yang dapat kita manfaatkan sebagai remote TV untuk mengganti channel dan menambah ataupun menurunkan volume suara dan lain-lain di televisi.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Agar Android Kamu Semakin Canggih

Asal kamu tahu, cara membuat Hp Android sebagai remote serbaguna tidaklah sulit, kita bisa menggunakan bantuan sebuah Aplikasi khusus yang memang diperuntukkan membuat Hp Android berfungsi sebagai remote berbagai macam alat-alat elektronik.

Selain bisa memberikan fungsi aplikasi untuk dijadikan sebagai remote televisi pada jenis smartphone ini juga memiliki kelebihan lain yang bisa digunakan untuk dijadikan remote yaitu Selain sebagai remote televisi, smartphone ini juga mendukung peralatan elektronik anda diantaranya adalah DVD Player, Air conditioner (AC), dan lain sebagainya atau disebut sebagai Universal Remote yaitu remote yang digunakan untuk berbagai peralatan elektronik dari berbagai Merek ternama seperti Samsung, Panasonic, Sony, Toshiba, LG dan Sharp, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin mencarinya Aplikasi ini juga sudah tersedia dan dapat ditemui di Google playstore.

Baca Juga: Lupa Kata Sandi Ponselmu? Lakukan Cara Mudah Ini!

Saat ini, sudah banyak smartphone maupun tablet Android yang dibekali fitur/aplikasi remote untuk perangkat elektronik (TV, DVD, Sound Sistem, Home Teather hingga AC), contohnya Sony Xperia Z2 ,LG G2, dan banyak Tablet samsung Galaxy series . Untuk mengkoneksikan remote ini pun banyak caranya, bisa menggunakan koneksi Bluetooth, WiFi bahkan IR (InfraRed).

Cara Android Jadi Remote Serba Guna



Syarat utama mengikuti tips ini adalah smartphone/tablet yang memiliki konektifitas Infrared.

1. Download dan install aplikasi IR Remote dari Google Play Store.
2. Selanjutnya, jalankan aplikasi remote tersebut dan Anda akan menjumpai beberapa opsi menu.
3. Pilih 'IR Database' untuk menampilkan daftar brand dari produk TV.
4. Tentukan brand produk TV yang Anda gunakan.
5. Berikutnya, Anda akan mendapatkan tampilan interface/antarmuka sebuah remote TV layaknya remote konvensional.
6. Nah, Anda pun sudah bisa menggonta-ganti channel TV dan mengatur volume suara.

Baca Juga: Daftar Kode Rahasia Perangkat Android

Selain aplikasi IR, masih banyak aplikasi serupa dengan fasilitas yang jauh lebih komplit. Bahkan, bisa digunakan untuk mengatur AC, DVD player, HiFi, DSLR Camera, Car Audio, Xbox 360 dan sebagainya. Berikut diantaranya :

1. Samsung IR-Universal Remote
Aplikasi besutan POWER7 Net ini bisa menjadikan smartphone atau tablet Android sebagai remote TV, AC, DVD player, BluRay, Cable/Satelite Boxes, Media Player, Home Cinema, Audio System, HiFi, Xbox 360, RGB Leds dan masih banyak lagi. Ditawarkan dalam dua versi, gratis dan berbayar (Pro).

Interface dan penggunaan fitur remote di aplikasi ini disesuaikan dengan antarmuka remote control sesuai dengan tipe produk dari brand bersangkutan. Artinya, Anda akan tetap dapat mengontrol semua fitur bawaan TV atau perangkat elektronik rumah dari ponsel/tablet Android layaknya memakai remote control bawaan.

Anda bisa langsung memilih mode remote control-nya, dan langsung praktekan ke perangkat elektronik. Untuk koneksinya menggunakan InfraRed.

2. LG TV Remote
Buat pemilik Smart TV merek LG, bisa menjajal aplikasi remote control ini. Aplikasi besutan LG Electronics ini dapat membantu Anda mengontrol semua fitur yang ada di Smart TV LG, langsung dari ponsel maupun tablet Android.

Anda bisa mengatur channel hiburan khusus, menampilkan home TV, mengatur volume dan banyak lagi. Dan Anda tetap bisa terhubung dengan semua fitur yang ada di gadget kesayangan, termasuk berbagi (sharing) apa yang Anda saksikan langsung ke jejaring sosial.

Untuk menghubungkan fitur remote control di aplikasi ini, Anda harus menggunakan koneksi yang sama antara smartphone/tablet Android dengan Smart TV menggunakan jalur WiFi.

Sebenarnya cara membuat Hp Android agar bisa digunakan sebagai remote control yang serbaguna banyak sekali caranya, ada juga beberapa smartphone sekarang ini yang sudah diberikan fitur agar bisa dijadikan remote alat-alat elektronik lainnya.

Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Magnetic Disk, Pengertian, Bagian dan Karakternya, Lengkap!

Cara Terbaru Membajak Facebook Orang Lain

Download Real Drum + Kendhang Mod Apk Terbaru